tari kreasi

Tari kreasi adalah jenis tari terdiri dari beberapa gerakan yang sudah dimodifikasi dan tidak lagi menyamai pola baku pada tarian aslinya. Tari kreasi sendiri adalah jenis tari tradisional yang kemudian dikembangkan menjadi jenis tari yang berbeda. Tari kreasi sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

Tari modern
Ciri-ciri tari dari tari modern adalah memiliki pola gerakan tari yang lebih lentur, gemulai, energik tetapi masih menyisipkan unsur-unsur dari keindahan tarian. Gerak tari modern sendiri masih memiliki elemen gerakan dari tari tradisional. Tari kreasi baru sebetulnya masih satu akar dengan tari yang telah dilakukan pembaruan, atau boleh juga dianggap bahwa tari kreasi adalah inovasi dari seorang pencipta tari untuk menciptakan suatu tarian yang baru. Tari kreasi baru merupakan suatu hasil karya yang telah dihasilkan oleh hasil kreativitas dari suatu indvidu atau hasil dari suatu kelompok yang diterjemahkan menjadi suatu karya yang kemudian ditata dengan menyisipkan sentuhan atau cita rasa yang sama sekali baru. Pemahaman tentang tari kreasi baru juga sebetulnya bisa saja dijelaskan sebagai suatu hasil dari ciptaan tari kreasi yang baru.

Tari kontemporer.
Ciri-ciri dari tari kontemporer adalah dimana pola gerakannya itu sendiri lebih bebas lepas dari tari modern serta pola gerakan tarinya tidak lagi melandaskan pada gerak tari tradisional.